Manusia dan Teknologi

DIMAS UNISS (Diskusi Mahasiswa Psikologi Uniss)

Oleh Suwinarso (Mahasiswa Fakultas Psikologi Uniss angkatan 2016)

 
Manusia dan teknologi adalah dua hal yg saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan. Manusia butuh teknologi untuk mempermudah segala aktivitas/pekerjaan dalam rangka keberlangsungan kehidupannya, pun sebaliknya teknologi membutuhkan peran dari manusia agar dapat terus berkembang.
 
Kemajuan teknologi dewasa ini, membawa manusia pada titik dimana jarak terasa semakin dekat, waktu terasa semakin singkat dan dalam banyak hal teknologi telah memecah berbagai ketidakmungkinan. Namun disamping berbagai kebermanfaatan tersebut, teknologi juga memiliki dampak buruk bagi manusia. Disaat teknologi berhasil mengatasi keterbatasan manusia sejurus dengan itu teknologi juga menciptakan keterbatasan baru bagi manusia. Sebagai contoh, manusia yg dulunya adalah makhluk sosial sekarang berubah menjadi makhluk jejaring sosial. Meski tidak seluruhnya, kebanyakan manusia saat ini cenderung individualistik dan cenderung anti sosial.
 
Mungkin anda sering mendapati anak-anak yg asik duduk berjam jam dengan bermain gadget, alih alih bermain dengan teman sebayanya. Belum dalam aspek kehidupan yg lain. Cukup banyak dan cukup melelahkan jika harus saya ketik dsini 😊…akhirnya ..seperti yg telah sama2 kita ketahui teknologi membawa hal positif sekaligus negatif. Apa yg ingin kita ambil adalah sebuah pilihan dan sebaik baik pilihan adalah yg mendekatkan kita kepada ridho Tuhan.
 
Semoga kita semua tidak hanyut dalam derasnya arus teknologi juga tidak diam tergerus jaman oleh teknologi… tapi kita semua dapat menjadi creator, pencipta teknologi baru. Dan menciptakan arus kebaikan tersendiri.
Semoga bermanfaat.
 
*Review hasil “Diskusi Ilmiah Mahasiswa Psikologi Uniss” di Weleri-Kendal Jawa Tengah, kediaman Mbak Siti Lismawati.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*